Yayasan Spirit Paramacitta Terbentuk dari Berkumpulnya 5 ODHIV
Admin aidsbali | 13 Oktober 2021 | Dibaca 46 kali

Yayasan Spirit Paramacitta yang disingkat YSP ini berdiri pada 25 Januari 2001. Menurut pengakuan  salah satu pendiri YSP, Putu Ayu Utami Dewi, SE, M.Kes saat dihubungi aidsbali.org, Selasa, 12 Oktober 2021, Lembaga ini lahir berawal dari berkumpulnya 5 orang yang terinfeki HIV (ODHA/saat ini disebut ODHIV). 


“Pada saat itu 5 orang yang terinfeksi HIV tersebut saling berbagi permasalahan dan berbagi kekuatan untuk dapat menjalani kehidupan di masyarakat karena tingginya tingkat stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS,”katanya.


Berkumpulnya 5 ODHIV di Bali Usadha Meditasi ungkap Putu Utami adalah cikal bakal utama pendirian Lembaga ini. Dimana kelima ODHIV ini sepakat membentuk kelompok dukungan bernama Bali Plus yang artinya orang – orang yang postif HIV dan berfikir dan berpandangan postif.  Dimana ungkap Putu Utami, ini merupakan sebuah inisistif untuk mendirikan sebuah yayasan yang resmi untuk melindungi secara Psikis orang - orang yang terinfeksi HIV.“ Langkah awalnya adalah dengan membentuk  tim pendiri yang terdiri dari Dra Ni Luh Made Suwari, Christian Supriyadinata, Saya Sendiri, Putu Ayu Utami Dewi, SE.,M.Kes dan Hatara Sugito,”katanya.


Setelah tim pendiri dibentuk imbuh Putu Utami, mereka mulai bekerja sehingga terbentuklah wadah organisasi sosial yang bernama Yayasan Bali Plus. “ Untuk mengajukan ke Depertemen Hukum dan HAM, maka dari instansi tersebut menyampaikan untuk mengubah nama Bali plus menjadi Yayasan Spirit paramaciita,”katanya.


Di awal berdirinya, jelas Putu Utami, Lembaga ini masih mennggunakan tempat berkumpul di Bali Usadha Meditasi – Sanur. “Berkat usaha keras dari pada pendiri dalam usaha menggali dana maka pada bulan September tahun 2002 maka Kita telah memiliki sekretariat yang bisa dikontrak selama 5 tahun,”ungkapnya. Misi pendirian Yayasan Spirit Paramacita ini, tegas Putu Utami adalah untuk memberdayakan ODHA dan OHIDHA sehingga mereka mampu mandiri.


”Untuk Tujuan didirikannya Yayasan Spirit Paramacitta adalah Membantu mengembalikan kepercayaan diri pada orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang merupakan modal dasar untuk kelangsungan hidupnya, Membangun situasi agar odha tidak merasa sendiri, Berperan aktif dalam kegiatan Penanggulangan HIV dan AIDS, Mengurangi stigma dan diskriminasi yang timbul dalam masyarakat akibat HIV dan AIDS serta Memberdayakan Odha melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan terkait dengan HIV dan AIDS,”jelasnya.


Yang dimaksud berdaya, jela Putu Utami, ada 5 indikatornya, yaitu . Mempunyai pengetahuan tentang HIV dan AIDS, Memiliki ketrampilan komunikasi interpersonal, merawat diri dan meningkatkan  kualitas hidup, Mampu mengakses layanan kesehatan dan dukungan khususnya yang berkaitan  dengan HIV serta memahami prosedurnya secara mandiri, Melakukan kegiatan – kegiatan positif dan adanya perubahan prilaku menjadi lebih aman/positif prevention.**TIM


Yayasan Spirit Paramacitta secara kelembagaan :


1.      Identitas Orsos

A.    KELEMBAGAAN

 

Nama Orsos                                                


: Yayasan Spirit Paramacitta

Tempat dan tanggal berdiri                        


: Denpasar, 25 Januari 2001

 

Tempat /Alamat

      

      Telpon

      Email                                               

                            

                         

Nama Pengurus Yayasan                           

a).  Ketua

b).  Sekretaris

c.)  Bendahara


: Jalan Raya Sesetan No.158

  Br. Lantang Bejuh Denpasar Selatan 

 : + 62 (0361) 4783244

: spiritparamacitta@ymail.com.sg

 

 


: Putu Ayu utami Dewi, SE

: Putu Gede Budiartha

: Ni Made Mertarini

Status Orsos / LSM                                    


: Pusat

Ruang Lingkup Kerja


: Provinsi

Jenis pelayanan / kegiatan


: Dukungan dan pendampingan terhadap orang dengan HIV dan AIDS di Bali.

Tanda Daftar Dinas Sosial


: Berlaku sampai dengan 2022

Alamat sekretariat saat pendaftaran

Desa / Kelurahan


Kecamatan

Kabupaten / Kota

Kodepos

Provinsi


 :Jl. Raya Sesetan No 158

  Denpasar - Selatan

: Sesetan

: Denpasar selatan

: Denpasar

: 80223

: Bali

Nomor telepon / Hp

      Alamat e-mail


: + 62 – 085 857 275 392

: spiritparamacitta@ymail.com




Bagi yang ingin berperan untuk memberdayakan para ODHA di Bali, silahkan memberikan kontribusinya ke :

 

Nama Bank                  : BNI Cabang Renon-   Denpasar- Bali.

Rekening atas Nama : Yayasan Spirit Paramacitta

No. Rekening               : 0174344056




Share :