Pentingnya Pemberian Vaksin Covid-19 Pada Anak sejak Awal
Admin AIDS BALI | 03 Agustus 2021 | Dibaca 270 kali

AIDSBALI. “Agar semua generasi muda terbebas dari Covid-19, maka sangatlah penting pemberian vaksin Covid-19 pada anak. Hal itu disampaikan Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali AA Ngurah Patria Nugraha, S.Sos, M.AP usai mengikuti acara  pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Anak Usia 12 – 17 tahun  secara Daring, Kamis 15 Juli 2021 lalu.

Salah satu narasumber dari  perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Bali, dokter Gustawan imbuh Gung Patria menegaskan, sesuai dengan tujuan pokok pemberian vaksin Covid-19, maka hal ini merupakan sesuatu yang paling penting dalam hidup, yaitu melindungi anak-anak yang kita sayangi dari serangan Covid-19. Oleh sebab itu, kalau bapak dan ibu sayang pada putra dan putri masing-masing, maka lakukan langkah strategis ini.

Kegiatan ini lanjut Gung Patria dimulai oleh plt Kasie Promkes Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan dipandu sekaligus dibuka Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dokter AA Sagung Mas Dwipayani, M.Kes. Dalam membuka acara tersebut, dokter Sagung mengungkapkan, perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia perlu mendapatkan perhatian yang serius dari seluruh pihak.

Sampai dengan tanggal 29 Juni 2021 pukul 18.00 WIB tercatat lebih dari 2 juta orang terkonfirmasi COVID-19, dimana 10,6% diantaranya yaitu lebih dari 200 ribuan merupakan kasus aktif. Dilaporkan, sejumlah hampir 260 ribu kasus terkonfirmasi merupakan anak usia 0-18 tahun, dimana lebih dari 108 ribu kasus berada pada rentang usia 12-17 tahun. Tercatat sejumlah lebih dari 600 anak usia 0-18 tahun meninggal, sejumlah 197 anak diantaranya berumur 12-17 tahun dengan angka Case Fatality Rate pada kelompok usia tersebut adalah 0,18%.

Lebih lanjut, Gung Patria menuturkan bahwa dokter Gustawan menyampaikan, vaksinasi merupakan bagian penting dalam rangkaian upaya penanggulangan pandemi COVID-19. Indonesia telah melaksanakan vaksinasi tahap 1 bagi SDM Kesehatan dan tahap 2 bagi kelompok lanjut usia dan petugas pelayanan publik.

Pada bulan Juli 2021 akan dimulai vaksinasi tahap 3 bagi masyarakat kelompok rentan dan masyarakat lainnya. Dengan mempertimbangkan hal – hal tersebut di atas dan semakin meluasnya penyebaran COVID-19 terutama pada anak, maka anak-anak pun perlu mendapatkan vaksinasi. Sesuai dengan asupan dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan persetujuan penggunaan Vaksin COVID-19 produksi PT. Biofarma (Sinovac) untuk kelompok usia > 12 tahun dari BPOM tertanggal 27 Juni 2021, maka vaksinasi dapat diberikan bagi anak usia 12-17 tahun.

Sementara itu, ungkap Gung Patria, Ketut Sudarma dari Disdikpora Provinsi Bali menyampaikan langkah yang diambil Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, agar pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun bisa berjalan sesuai harapan.”Kita dari Disdikpora siap sedia membantu memfasilitasi semua kegiatan yang berkenaan dengan pelaksanaan vaksin ini. Karena bagaimanapun juga hal ini sangat penting untuk kegiatan belajar mengajar ke depannya,”katanya.***Editor

Share :