Pemberdayaan ODHIV, Perlu Dukungan Keluarga
Admin aidsbali | 20 Desember 2021 | Dibaca 103 kali

AIDSBALI.ORG. Talkshow yang dilaksanakan (Kita Sayang Remaja Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) KISARA PKBI Bali, Minggu 19 Desember 2021 sangat menginspirasi semua peserta yang hadir. Acara yang digelar pukul 10.00 Wita – selesai menghadirkan 3 narasumber utama, yaitu Drs Yahya Anshori, M.Si dari KPA Provinsi Bali, Yurike Ferdinandus dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Peduli AIDS dan Ni Putu Nita Sri Dewi, S.Pd dari KISARA PKBI Bali.

Talkshow secara online ini diaksanakan dalam rangka memperingati Word AIDS Day 2021 bertemakan Berdaya Bersama untuk Orang Dengan HIV (ODHIV), dimoderatori Ni Wayan Sri Widayani.

Ketika menyampaikan pemaparannya, Drs Yahya Anshori, M.Si mengharapkan agar ODHIV terbuka akan statusnya, Di sisi lain, Yurike Ferdinandus menghimbau semua keluarga ODHIV menerima dan mendukung mereka apa adanya, sedangkan Ni Putu Nita Sri Dewi, S.Pd menegaskan KISARA PKBI Bali akan tetap laksanakan edukasi tentang AIDS dan kesehatan reproduksi di kalangan siswa/remaja.

Lebih lanjut, Yahya Anshori juga mengungkapkan bahwa di Bali semua akses layanan kesehatan sudah sangat kondusif. “Saat ini ODHIV hendaknya membuka diri, jangan menstigma diri sendiri. Bagi yang merasa berperilaku risiko terpapar HIV, segeralah mengikuti tes HIV. Semakin dini diketahui status HIV seseorang, yang bersangkutan segera bisa tertolong dan dijamin kesehatannya dengan meminum Anti Retro Viral (ARV) secara konsisten, "papar Yahya.

Sementara itu, Yurike Ferdinandus  mengharapkan agar keluarga ODHIV menerima keberadaan ODHIV di rumah mereka. "ODHIV akan sehat, kualitas hidupnya bisa optimal dan lebih merasa berdaya jika ada dukungan dari keluarga dan masyarakat di sekitarnya, "papar Yurike.***


Kontributor : Ayu Mela, Putu Padma Praesti

Editor          : Yuniambara, SIP

Share :