BCP Cetak Narasumber HIV-AIDS Muda Profesional
Admin aidsbali | 22 September 2021 | Dibaca 131 kali

AIDSBALI.ORG. Keberadaan Bali Children Project (BCP) sangat membantu para remaja di Bali untuk mengembangkan bakat menjadi narasumber HIV-AIDS Profesional. Hal ini disampaikan Program Manager Sex Education BCP, Suprihartini Sulaeman, saat dihubungi AIDSBALI.ORG  Rabu, 22 September 2021.


Di tengah kesibukannya, wanita yang akrab dipanggil Opy Sulaeman ini mengungkapkan, BCP tengah mengadakan kegiatan sosialisasi secara daring menggunakan google meet dengan melibatkan Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba di wilayah Buleleng dan wilayah Bali lainnya.

“Kita memang khusus menyiapkan para siswa untuk menjadi narasumber penyuluhan HIV-AIDS. Mereka dilatih khusus untuk menyampaikan berbagai materi yang sebelumnya kita berikan. Dan merekalah yang menyampaikan kepada semua siswa di sekolahnya secara daring,”katanya.

Kegiatan yang dilakukan BCP saat ini sangatlah padat. Diantaranya adalah mengadakan acara Safari Education Online Workshop (SEOW) 2021.

“Dalam kegiatan ini, semua siswa yang disasar adalah Kabupaten Buleleng dan wilayah Bali lainnya. Dimana kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 September lalu. Kita sudah mengajak Siswa SMPN 1 Banjar untuk mendengarkan sosialisasi HIV-AIDS dari pengurus KSPAN mereka,”katanya.

Opy juga menuturkan karena ada gangguan kabel dibawah laut Telkomsel, maka kegiatan SEOW 2021 pun digeser pelaksanaannya.

Kegiatan BCP yang sekiranya dilaksanakan pada 18, 24 dan 25 September dengan SMP Mutiara Singaraja, SMP Lab Undiksha serta SMPN 8 Singaraja dijadwalkan menjadi tanggal 24 sampai 30 Oktober 2021. 

“Memang kita mengupayakan agar anak-anak lebih kreatif dalam menyampaikan materi di depan teman-temannya,”katanya.

Dan BCP pun melaksanakan kegiatan SEOW 2021 bekerjasama dengan sekolah lainnya. Seperti tanggal 1 Oktober 2021 dengan SMA K Santho Yoseph tahap 1.

Juga pada tanggal 2 Oktober 2021 kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan SMP Mutiara Singaraja dan SMP Lab Undiksha untuk tahap 1, pada tanggal 9 Oktober dengan SMPN 8 Singaraja untuk tahap 1. Selanjutnya pada tanggal 16 Oktober 2021 dengan SMAN 1 Gianyar serta pada 23 Oktober 2021 dengan SMAN 1 Tampaksiring Gianyar untuk pertemuan tahap 1.

Sedangkan kegiatan SEOW tanggal 30 Oktober 2021 menurut Opy, rencananya dilaksanakan bekerjasama dengan SMAN 1 Blahbatuh Gianyar.

Tujuan kegiatan tersebut jelas Opy adalah melatih kecerdasan anak-anak dalam menyampaikan materi HIV-AIDS serta mengarahkan mereka untuk lebih professional jika nantinya ditunjuk menjadi narasumber terkait HIV-AIDS.***TIM

Share :